Optimalisasi Nilai-Nilai Sosial Keagamaan Siswa melalui Metode Role Playing
Keywords:
Optimalisasi, Nilai-Nilai Sosial Keagamaan Siswa, Metode Role PlayingAbstract
This study aims to describe efforts to optimize students' socio-religious values through conceptual role-playing methods. This study uses library research, in which research objects are usually explored through a variety of library information (books, encyclopedias, scientific journals, newspapers, magazines, and documents). Data sources in library research are primary sources and secondary sources. The data collection technique is a documentation technique. The analysis technique used is deductive, descriptive method and document analysis. The results of the study are that the implementation of role-playing activities can be carried out with 4 steps, namely environmental steps, steps before playing, steps during play, and steps after playing. The role-playing method can improve the development of students' socio-religious values. The increased social and religious development of students is evidenced by children who like to help friends and adults, children who want to share with others, children who are used to being friendly, children who are accustomed to respecting elders, children who listen and pay attention when their friends talk, children can distinguish between right and wrong actions. wrong, able to be responsible, children can work together, children can recognize their feelings and manage them naturally, and children can show empathy.
Downloads
References
Aisyah, Siti, 2014. Pembelajaran Terpadu. Tangerang: Universitas Terbuka
Amri, Nur Alim. 2017. “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Siswa Taman Ksiswa-ksiswa Raudhatul Athfal Alauddin Makassar.” Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2.
Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema.
Dewi, Kadek Novia. 2017. “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial keagamaan Pada siswa Kelompok B di Taman Ksiswa-ksiswa Gugus VII Kecamatan Buleleng.” Journal Pendidikan Siswa Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Siswa Usia Dini Volume 5. No. 3.
Dimyanti, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Siswa Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.
Djaelani, Mustofa. 2010. Metode Penelitian Bagi Pendidik. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu Delapan.
Fitriani, Amallia Putri, 2019, “Peningkatkan Kemampuan Sosial Siswa Melalui Permainan Jamuran.” Jurnal Pendidikan Modern Volume 4 Nomor 3.
Gunarti, Winda. 2018. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Siswa Usia Dini. Tanggerang: Universitas Terbuka.
Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hurlock, Elizabeth B., 1995, Perkembangan siswa, Jakarta: Penerbit Erlangga
Isjoni. 2014. Model Pembelajaran Siswa Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Khasanah, Sidratul. 2017. Impementasi Bermain Peran dalam Mengoptimalkan Sosial keagamaan siswa Kelompok B2 di Play Group-Taman Ksiswa-ksiswa Islam Terpadu (PG-TKIT) Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Islam Siswa Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Kurnia, Rita. 2011. Bermain dan Permainan Siswa Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maria, Ina dan Eka Rizki Amalia. Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Siswa Usia 4-6 Tahun. Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim Mojokerto.
Meztika Zed, 2014, Metodologi Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Mulyani, Novi. 2018. Perkembangan Dasar Siswa Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain siswa Usia Dini. Jakarta: Kencana
Nugraha, Ali dan Yeni Rachmawati. 2006. Metode Pengembangan Sosial keagamaan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Roetiah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakatra: Rineka Cipta.
Siswanti, Heny Anita. 2014. Pengembangan Kemampuan Emosional Melalui Metode Bermain Peran Pada siswa Kelompok B Taman Ksiswa-ksiswa Pertiwi Mlese II Cawas Klaten. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sit, Masganti. 2017. Psikologi Perkembangan siswa Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Sulistyowati, Sri. 2012. Penggunaan Metode Bermain Kooperatif dalam Upaya Peningkatkan Perkembangan Sosial Emosi Pada Kelompok B di TK Aisyiyah Alastuwo Kebakkramat. Program Studi PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suminar, Dewi Retno. 2019. Psikologi Bermain: Bermain dan Permainan Bagi Perkembangan siswa. Surabaya: Airlangga University Press.
Suriyati, 2018, Peningkatan Sosial keagamaan Melalui Metode Bermain Peran Pada siswa Usia 5-6 Tahun di TK. Progran Studi Pendidikan Guru Pendidikan Siswa Usia Dini.
Susanto, Ahmad, 2012, Perkembangan siswa Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suyadi dan Maulidya. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wijaya, Widarmi D. 2014. Kurikulum Pendidikan Siswa Usia Dini. Tangeran: Universitas Terbuka
Yuniawati, Poppy. 2020. Penelitian Studi Kepustakaan. Bandung: FKIP Unpas
Yus, Anita. 2011. Penilaian Pengembangan Belajar Siswa Taman Ksiswa-ksiswa. Jakarta: Kencana.
Zakiya, Farida Mayar. 2020. Menstimulasi Keterampilan Sosial Siswa Usia Dini Melalui Seni Permainan Tradisional. Universitas Negeri Padang
Zulkifli, Dewi Sri Suryanti dan Nurhayati. 2018. Pembelajaran Terpadu Pendidikan Islam Siswa Usia Dini. Pekanbaru: Kreasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.