Persepsi Orang Tua Siswa tentang Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.41Keywords:
Pembelajaran Tatap Muka, Adaptasi, New NormalAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada masa adaptasi new normal. Pencarian data dalam penelitian ini menggunakan angket online dengan aplikasi google form yang ditujukan kepada seluruh orang tua siswa SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida sejumlah 406 orang. Dari hasil penelitian diperoleh data yang menyatakan setuju (74,5 %), tidak setuju (8,2 %), dan ragu-ragu (17,3 %). Alasan yang menyatakan setuju adalah agar pembelajaran lebih efektif, pembelajaran daring kurang maksimal, anak-anak sudah bosan, orang tua sudah bingung, agar siswa menjadi semangat, ketika di rumah anak menjadi kurang baik, dilaksanakan asalkan dengan protokol kesehatan, saat ini sudah waktunya adaptasi, anak sudah merindukan sekolah, anak menjadi lebih terkondisikan, dan berserah diri kepada Allah Swt. Alasan menyatakan tidak setuju adalah saat ini masih ada kasus, anak yang tidak bisa mentaati protocol kesehatan, dan bermunculan banyak klaster pendidikan. Alasan menyatakan ragu-ragu adalah saat masih ada kasus, anak-anak yang tidak bisa mentaati protokol kesehatan, dan orang tua belum faham sistem pembelajaran tatap muka.
Downloads
References
Bahri, Syamsul, and Novira Arafah. “Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 1, no. 1 (August 11, 2020): 20–40.
Chairunnisa, Ninis. “Muncul Klaster Covid-19 Di Sekolah Tangsel, DPR: Jangan Sampai Di Wilayah Lain.” Berita. Tempo.co, September 6, 2020. https://nasional.tempo.co/read/1383230/muncul-klaster-covid-19-di-sekolah-tangsel-dpr-jangan-sampai-di-wilayah-lain/full&view=ok.
Kariem, Muhammad Qur’anul. “KONSEPSI KEBIJAKAN PEMERINTAH DI ERA NEW NORMAL.” TheJournalish: Social and Government 1, no. 2 (June 26, 2020): 76–80.
Pangondian, Roman Andrianto, Paulus Insap Santosa, and Eko Nugroho. “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.” Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 1, no. 1 (February 21, 2019). https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122.
Sabiq, Ahmad Fikri. “Persepsi Orang Tua Siswa Tentang Kegiatan Belajar Di Rumah Sebagai Dampak Penyebaran Covid 19.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya 4, no. 1 (2020): 01–07.
Setyorini, In. “Pandemi COVID-19 Dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13?” Journal of Industrial Engineering & Management Research 1, no. 1 (July 5, 2020): 95–102. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.31.
Sulistiyani, R. Rr Hasri, Ruly Darmawan, and Lies Neni Budiarti. “Fleksibilitas Ruang Kelas Sebagai Upaya Memenuhi Kebutuhan Dalam Membangun Motivasi Anak Di TK Bunda Ganesa Bandung.” Jurnal Sosioteknologi 13, no. 1 (April 1, 2014): 60–71. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2014.13.1.7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education Research
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.