Kyai's Leadership in Fostering Alumni Harmony and Solidarity through the Halaqah Approach in Islamic Boarding Schools

DOI:
https://doi.org/10.35719/jier.v6i3.504Keywords:
Kyai's Leadership, Halaqah, Alumni Harmony, Pesantren SolidarityAbstract
The leadership of the kyai in Islamic boarding schools (Pesantren) plays a vital role in fostering alumni harmony and solidarity. This study explores how the halaqah approach (regular spiritual gatherings) serves as a medium through which kyai maintain deep emotional and spiritual ties with alumni. Using a qualitative ethnographic method at Pondok Pesantren Kutasari, Purbalingga, this research reveals that the kyai acts as a unifying figure through participatory and inclusive leadership, encouraging alumni engagement across generations. The findings show that the kyai’s charismatic and spiritual leadership fosters a strong collective identity among alumni, enabling continued collaboration in religious, social, and educational fields. The halaqah is not merely a learning forum but a cultural space for renewing values and reinforcing brotherhood. This highlights how traditional leadership rooted in Islamic values ensures alumni cohesion amid a changing society.
Kepemimpinan kyai di pesantren memiliki peran sentral dalam membangun kerukunan dan solidaritas alumni. Studi ini mengkaji bagaimana pendekatan halaqah (forum pengajian rutin) dimanfaatkan oleh kyai untuk menjaga keterikatan emosional dan spiritual dengan alumni. Melalui metode etnografi kualitatif di Pondok Pesantren Kutasari, Purbalingga, ditemukan bahwa kyai berperan sebagai pemersatu melalui gaya kepemimpinan yang partisipatif dan inklusif, mendorong keterlibatan alumni lintas generasi. Temuan menunjukkan bahwa kepemimpinan kyai yang karismatik dan spiritual memperkuat identitas kolektif alumni sehingga memungkinkan kolaborasi berkelanjutan dalam bidang keagamaan, sosial, dan pendidikan. Halaqah tidak hanya menjadi media belajar, tetapi juga ruang budaya untuk memperbarui nilai-nilai dan mempererat ukhuwah. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan tradisional berbasis nilai Islam mampu menjaga kohesi alumni di tengah perubahan masyarakat.
Downloads
References
Alimuddin, A. (2019). Kepemimpinan spiritual. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 4(2), 159–170. https://doi.org/10.24256/kelola.v4i2.905
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arifin, Z., Azizah, I., & Nisyak, S. (2025). Strategi Dakwah Pesantren Kyai Syarifuddin dalam Meningkatkan Life Skill Santri. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 3457-3465. https://doi.org/10.62710/vfh33037
Bado, B. (2021). Model pendekatan kualitatif: Telaah dalam metode penelitian ilmiah. In Pengantar metode kualitatif. https://eprints.unm.ac.id/32293/1/EBOOK%20BUKU%20METODE%20PENELITIAN.pdf
Biahimo, M., & Rachman, E. (2024). Dinamika gender dalam organisasi: Pengaruh kepemimpinan perempuan terhadap kinerja tim. Jurnal Pasca Ilmu Administrasi, Manajemen SDM, Ilmu Sosial (J-PIAMS), 1(1), 10–19.
Dila, B. A. (2022). Bentuk solidaritas sosial dalam kepemimpinan transaksional. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Informasi, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33830/ikomik.v2i1.2749
Fathoni, T. (2024). Konsep solidaritas sosial dalam masyarakat modern perspektif Émile Durkheim. Jurnal Cita Demokrasi, 6(2), 129–147. https://doi.org/10.37680/jcd.v6i2.640fahmy2
Hayani, R. A., et al., (2024). Efektivitas kepemimpinan dalam manajemen pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Kependidikan Islam, 10, 136–148. https://doi.org/10.37567/jie.v10i2.3272
Hayati, R., Armanto, D., & Kartika, Y. (2023). Kepemimpinan pendidikan. Jurnal Manajemen dan Budaya, 3(2), 32–43. https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i2.450
Hutahaean, W. S. (2021). Teori kepemimpinan. Malang: Ahli Media Press. https://library.instiperjogja.ac.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=825&bid=8851
Ilham, M., Mukhlis, I., Zakariya, N. A. ., Ahsan, M., & Wahyudi, M. A. T. (2023). Peran Kepemimpinan Kewirausahaan Kyai dalam Kemandirian Ekonomi Pesantren. Journal of Islamic Management, 3(2), 125–135. https://doi.org/10.15642/jim.v3i2.1403
Lailiyah, Siti, Robingun Elsyam, and Rohatun Nihayah. 2024. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7 (1), 118-31. Accessed July 21, 2025. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6449.
Lamirin, Santoso, J., & Selwen, P. (2023). Application of Transformational Leadership Strategies in Improving the Performance of Educational Organizations. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 400-409. https://doi.org/10.37304/jikt.v14i2.259
Mahendra, A., Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Ethnographic Methods in Qualitative Research. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 159-170. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/7894
Malindra, M., Muslimin, A., & Syaifullah, M. (2024). Pendidikan keagamaan di masyarakat multikultural: Peran sosial dan keagamaan Kyai Muhammad Sukemi di Yosodadi Metro. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 3(1), 9-26. https://doi.org/10.51214/ijemal.v3i1.1100
Manu, Y. H., & Tampake, T. (2023). Tarian Kebalai Kematian sebagai ruang publik solidaritas sosial masyarakat Rote Ndao. Indonesian Journal of Religion and Society, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.36256/ijrs.v5i1.329
Nailatsani, F., Akhmad, F., Amalia, U., & Rosa, D. (2021). Manajemen kepemimpinan pendidikan Islam pada sekolah internasional di Indonesia. Arzusin, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.58578/arzusin.v1i1.103
Nasrulloh, S. (2022). Peran tokoh agama dalam meningkatkan solidaritas masyarakat (Studi di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Lampung Selatan). Thesis, UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/17601/
Nasution, W. N. (2015). Kepemimpinan pendidikan di sekolah. Jurnal Kependidikan Islam, 22(1), 66–86. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i1.6
Noor, M. (2019). Gaya Kepemimpinan Kyai. Jurnal Kependidikan, 7(1), 141–156. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2958
Pamulang, H. U. (2023). Kepemimpinan kharismatik kiai dalam implementasi nilai-nilai pendidikan pesantren. Journal of Science and Social Research, 4307(3), 620–631. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR
Pratama, J.S.A, & Malik A, M.M. (2020). Spiritual Leadership: Kriris Islamic Education Leadership in Modern Era. Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 5(1), 264-278. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3805
Pratiwi, A. A., Indriyani, D., Info, A., Kebersamaan, T., Aparatur, M., & Sumber, M. (2024). Peran kepemimpinan organisasi mahasiswa terhadap solidaritas mahasiswa di lingkungan Politeknik STIA LAN Jakarta. Indonesian Journal of Economics, Management, and Accounting, 1(5), 340–350. https://jurnal.intekom.id/index.php/ijema/article/view/431
Prayogi, A. (2021). Pendekatan kualitatif dalam ilmu sejarah: Sebuah telaah konseptual. Historia Madania: Jurnal Ilmu Sejarah, 5(2), 240–254. https://doi.org/10.15575/hm.v5i2.15050
Putra, F. P., & Amalih, I. (2023). Solidaritas sosial dalam masyarakat multi religius di Desa Polagan Dusun Candi Laok Galis Pamekasan. El-Waroqoh: Jurnal Ushuluddin dan Filsafat, 7(1), 113–139. https://ejournal.unia.ac.id/index.php/el-waroqoh/article/view/1116
Roni Harsoyo. (2022). Teori kepemimpinan transformasional Bernard M. Bass dan aplikasinya dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 247–262. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.112
Saingo, Y. A., Kasse, S., Ali, U., & Bunga, A. (2023). Internalisasi nilai kerukunan umat beragama oleh guru PAK dalam memperkuat solidaritas sosial siswa. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(4), 2690–2705. https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1479
Sari, N. N. (2020). Konstruksi identitas kolektif pada gerakan Aksi Kamisan. Thesis, FISIP UIN Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56993
Sukataman, S., Soodiqoh, M., ‘Azizah, F., & Falaakhuddin, M. H. (2023). Teori pendekatan dan model kepemimpinan dalam lembaga pendidikan. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, 7(1), 89–104. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v7i1.1266
Sumantri, R. A. (2013). Problematika kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam. An Nur: Jurnal Studi Islam, 5(1). https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/28
Sumpena, D., Dewi, R., & Kurniawan, M. I. (2022). Peran Kyai dalam Pengembangan MSDM. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 22(2), 208–229. https://doi.org/10.15575/anida.v22i2.21574
Suryana, Yaya; Khoiruddin, Heri; and Oktapiani, T. (2021). Gaya kepemimpinan kharismatik kyai. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam, 6(2), 199–210. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.6322
Syafar, D. (2017). Teori Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 147–155. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/524
Tamengkel, L. F. (2025). Peran kepemimpinan inklusif dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan pada Toko Immanuel Group. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 15(2), 64–69. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/61549
Triwinarti, A., Henu Cahyani , B., & Sudigdo, A. (2024). Peran Media Pembelajaran APE “Puzzle Tempel Huruf” Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Negeri Semin III. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 12(1), 1–12. https://doi.org/10.25299/geram.2024.15580
Waedoloh, H., Purwanta, H., & Ediyono, S. (2022). Gaya kepemimpinan dan karakteristik pemimpin yang efektif. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(1), 144. https://doi.org/10.20961/shes.v5i1.57783
Widyatmoko, G. (2023). Kepemimpinan kyai dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di pondok pesantren. Journal of Educational Research, 2(2), 239–256. https://doi.org/10.56436/jer.v2i2.230
Wiraguna, S., Purwanto, L. M. F., & Widjaja, R. R. (2024). Metode penelitian kualitatif di era transformasi digital. Arsitekta: Jurnal Arsitektur dan Kota Berkelanjutan, 6(1), 46–60. https://doi.org/10.47970/arsitekta.v6i01.524
Zubedi, Z., Lamatenggo, N., & Arifin, A. (2022). Kepemimpinan kyai dalam transformasi pondok pesantren. Student Journal of Educational Management, 2, 65–79. https://doi.org/10.37411/sjem.v2i1.1187
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fatih Shidqi Annabil, Muh. Hanif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.