Kyai's Leadership in Fostering Alumni Harmony and Solidarity through the Halaqah Approach in Islamic Boarding Schools

Authors

  •   Fatih Shidqi Annabil   UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  •   Muh. Hanif   UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.35719/jier.v6i3.504

  Keywords:

Kyai's Leadership, Halaqah, Alumni Harmony, Pesantren Solidarity

Abstract

The leadership of the kyai in Islamic boarding schools (Pesantren) plays a vital role in fostering alumni harmony and solidarity. This study explores how the halaqah approach (regular spiritual gatherings) serves as a medium through which kyai maintain deep emotional and spiritual ties with alumni. Using a qualitative ethnographic method at Pondok Pesantren Kutasari, Purbalingga, this research reveals that the kyai acts as a unifying figure through participatory and inclusive leadership, encouraging alumni engagement across generations. The findings show that the kyai’s charismatic and spiritual leadership fosters a strong collective identity among alumni, enabling continued collaboration in religious, social, and educational fields. The halaqah is not merely a learning forum but a cultural space for renewing values and reinforcing brotherhood. This highlights how traditional leadership rooted in Islamic values ensures alumni cohesion amid a changing society.

Kepemimpinan kyai di pesantren memiliki peran sentral dalam membangun kerukunan dan solidaritas alumni. Studi ini mengkaji bagaimana pendekatan halaqah (forum pengajian rutin) dimanfaatkan oleh kyai untuk menjaga keterikatan emosional dan spiritual dengan alumni. Melalui metode etnografi kualitatif di Pondok Pesantren Kutasari, Purbalingga, ditemukan bahwa kyai berperan sebagai pemersatu melalui gaya kepemimpinan yang partisipatif dan inklusif, mendorong keterlibatan alumni lintas generasi. Temuan menunjukkan bahwa kepemimpinan kyai yang karismatik dan spiritual memperkuat identitas kolektif alumni sehingga memungkinkan kolaborasi berkelanjutan dalam bidang keagamaan, sosial, dan pendidikan. Halaqah tidak hanya menjadi media belajar, tetapi juga ruang budaya untuk memperbarui nilai-nilai dan mempererat ukhuwah. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan tradisional berbasis nilai Islam mampu menjaga kohesi alumni di tengah perubahan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimuddin, A. (2019). Kepemimpinan spiritual. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 4(2), 159–170. https://doi.org/10.24256/kelola.v4i2.905

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arifin, Z., Azizah, I., & Nisyak, S. (2025). Strategi Dakwah Pesantren Kyai Syarifuddin dalam Meningkatkan Life Skill Santri. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 3457-3465. https://doi.org/10.62710/vfh33037

Bado, B. (2021). Model pendekatan kualitatif: Telaah dalam metode penelitian ilmiah. In Pengantar metode kualitatif. https://eprints.unm.ac.id/32293/1/EBOOK%20BUKU%20METODE%20PENELITIAN.pdf

Biahimo, M., & Rachman, E. (2024). Dinamika gender dalam organisasi: Pengaruh kepemimpinan perempuan terhadap kinerja tim. Jurnal Pasca Ilmu Administrasi, Manajemen SDM, Ilmu Sosial (J-PIAMS), 1(1), 10–19.

Dila, B. A. (2022). Bentuk solidaritas sosial dalam kepemimpinan transaksional. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Informasi, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33830/ikomik.v2i1.2749

Fathoni, T. (2024). Konsep solidaritas sosial dalam masyarakat modern perspektif Émile Durkheim. Jurnal Cita Demokrasi, 6(2), 129–147. https://doi.org/10.37680/jcd.v6i2.640fahmy2

Hayani, R. A., et al., (2024). Efektivitas kepemimpinan dalam manajemen pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Kependidikan Islam, 10, 136–148. https://doi.org/10.37567/jie.v10i2.3272

Hayati, R., Armanto, D., & Kartika, Y. (2023). Kepemimpinan pendidikan. Jurnal Manajemen dan Budaya, 3(2), 32–43. https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i2.450

Hutahaean, W. S. (2021). Teori kepemimpinan. Malang: Ahli Media Press. https://library.instiperjogja.ac.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=825&bid=8851

Ilham, M., Mukhlis, I., Zakariya, N. A. ., Ahsan, M., & Wahyudi, M. A. T. (2023). Peran Kepemimpinan Kewirausahaan Kyai dalam Kemandirian Ekonomi Pesantren. Journal of Islamic Management, 3(2), 125–135. https://doi.org/10.15642/jim.v3i2.1403

Lailiyah, Siti, Robingun Elsyam, and Rohatun Nihayah. 2024. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7 (1), 118-31. Accessed July 21, 2025. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6449.

Lamirin, Santoso, J., & Selwen, P. (2023). Application of Transformational Leadership Strategies in Improving the Performance of Educational Organizations. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 400-409. https://doi.org/10.37304/jikt.v14i2.259

Mahendra, A., Ilhami, M. W., Nurfajriani, W. V., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Ethnographic Methods in Qualitative Research. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 159-170. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/7894

Malindra, M., Muslimin, A., & Syaifullah, M. (2024). Pendidikan keagamaan di masyarakat multikultural: Peran sosial dan keagamaan Kyai Muhammad Sukemi di Yosodadi Metro. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 3(1), 9-26. https://doi.org/10.51214/ijemal.v3i1.1100

Manu, Y. H., & Tampake, T. (2023). Tarian Kebalai Kematian sebagai ruang publik solidaritas sosial masyarakat Rote Ndao. Indonesian Journal of Religion and Society, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.36256/ijrs.v5i1.329

Nailatsani, F., Akhmad, F., Amalia, U., & Rosa, D. (2021). Manajemen kepemimpinan pendidikan Islam pada sekolah internasional di Indonesia. Arzusin, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.58578/arzusin.v1i1.103

Nasrulloh, S. (2022). Peran tokoh agama dalam meningkatkan solidaritas masyarakat (Studi di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Lampung Selatan). Thesis, UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/17601/

Nasution, W. N. (2015). Kepemimpinan pendidikan di sekolah. Jurnal Kependidikan Islam, 22(1), 66–86. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i1.6

Noor, M. (2019). Gaya Kepemimpinan Kyai. Jurnal Kependidikan, 7(1), 141–156. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2958

Pamulang, H. U. (2023). Kepemimpinan kharismatik kiai dalam implementasi nilai-nilai pendidikan pesantren. Journal of Science and Social Research, 4307(3), 620–631. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Pratama, J.S.A, & Malik A, M.M. (2020). Spiritual Leadership: Kriris Islamic Education Leadership in Modern Era. Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 5(1), 264-278. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3805

Pratiwi, A. A., Indriyani, D., Info, A., Kebersamaan, T., Aparatur, M., & Sumber, M. (2024). Peran kepemimpinan organisasi mahasiswa terhadap solidaritas mahasiswa di lingkungan Politeknik STIA LAN Jakarta. Indonesian Journal of Economics, Management, and Accounting, 1(5), 340–350. https://jurnal.intekom.id/index.php/ijema/article/view/431

Prayogi, A. (2021). Pendekatan kualitatif dalam ilmu sejarah: Sebuah telaah konseptual. Historia Madania: Jurnal Ilmu Sejarah, 5(2), 240–254. https://doi.org/10.15575/hm.v5i2.15050

Putra, F. P., & Amalih, I. (2023). Solidaritas sosial dalam masyarakat multi religius di Desa Polagan Dusun Candi Laok Galis Pamekasan. El-Waroqoh: Jurnal Ushuluddin dan Filsafat, 7(1), 113–139. https://ejournal.unia.ac.id/index.php/el-waroqoh/article/view/1116

Roni Harsoyo. (2022). Teori kepemimpinan transformasional Bernard M. Bass dan aplikasinya dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 247–262. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.112

Saingo, Y. A., Kasse, S., Ali, U., & Bunga, A. (2023). Internalisasi nilai kerukunan umat beragama oleh guru PAK dalam memperkuat solidaritas sosial siswa. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(4), 2690–2705. https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1479

Sari, N. N. (2020). Konstruksi identitas kolektif pada gerakan Aksi Kamisan. Thesis, FISIP UIN Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56993

Sukataman, S., Soodiqoh, M., ‘Azizah, F., & Falaakhuddin, M. H. (2023). Teori pendekatan dan model kepemimpinan dalam lembaga pendidikan. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, 7(1), 89–104. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v7i1.1266

Sumantri, R. A. (2013). Problematika kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam. An Nur: Jurnal Studi Islam, 5(1). https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/28

Sumpena, D., Dewi, R., & Kurniawan, M. I. (2022). Peran Kyai dalam Pengembangan MSDM. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 22(2), 208–229. https://doi.org/10.15575/anida.v22i2.21574

Suryana, Yaya; Khoiruddin, Heri; and Oktapiani, T. (2021). Gaya kepemimpinan kharismatik kyai. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam, 6(2), 199–210. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.6322

Syafar, D. (2017). Teori Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 147–155. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/524

Tamengkel, L. F. (2025). Peran kepemimpinan inklusif dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan pada Toko Immanuel Group. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 15(2), 64–69. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/61549

Triwinarti, A., Henu Cahyani , B., & Sudigdo, A. (2024). Peran Media Pembelajaran APE “Puzzle Tempel Huruf” Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Negeri Semin III. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 12(1), 1–12. https://doi.org/10.25299/geram.2024.15580

Waedoloh, H., Purwanta, H., & Ediyono, S. (2022). Gaya kepemimpinan dan karakteristik pemimpin yang efektif. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(1), 144. https://doi.org/10.20961/shes.v5i1.57783

Widyatmoko, G. (2023). Kepemimpinan kyai dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di pondok pesantren. Journal of Educational Research, 2(2), 239–256. https://doi.org/10.56436/jer.v2i2.230

Wiraguna, S., Purwanto, L. M. F., & Widjaja, R. R. (2024). Metode penelitian kualitatif di era transformasi digital. Arsitekta: Jurnal Arsitektur dan Kota Berkelanjutan, 6(1), 46–60. https://doi.org/10.47970/arsitekta.v6i01.524

Zubedi, Z., Lamatenggo, N., & Arifin, A. (2022). Kepemimpinan kyai dalam transformasi pondok pesantren. Student Journal of Educational Management, 2, 65–79. https://doi.org/10.37411/sjem.v2i1.1187

Downloads

Published

21-07-2025

How to Cite

Annabil, Fatih Shidqi, and Muh. Hanif. “Kyai’s Leadership in Fostering Alumni Harmony and Solidarity through the Halaqah Approach in Islamic Boarding Schools”. Journal of Islamic Education Research 6, no. 3 (July 21, 2025): 315–330. Accessed July 31, 2025. https://jier.uinkhas.ac.id/index.php/jier/article/view/504.

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.