Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kuripan
DOI:
https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.49Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Guru, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan yang setiap tahunnya berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman menuntut semua pihak terutama guru untuk meningkatkan kompetensinya. Karena guru merupakan komponen utama dalam sistem pendidikan Guru dalam proses belajar mengajar memiliki peranan yang sangat penting sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa.oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi dalam mengajar yang merupakan kecakapan atau keterampilan dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, kesulitan guru dalam pembelajaran dan solusi guru untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Kuripan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang mana data diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data bersifat induktif yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sudah cukup baik yang meliputi: a) Kemampuan memahami peserta didik. b) Kemampuan merancang pembelajaran. c) Kemampuan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis. d) Kemampuan melakukan evaluasi. e) Kemampuan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. 2) Kesulitan dalam pembelajaran yang meliputi: a) Kemampuan daya serap peserta didik yang berbeda-beda. b) Kurangnya minat belajar siswa. c) Kurangnya perhatian orang tua terhadap belajar anak. d) Kurangnya fasilitas yang tersedia di sekolah. 3) Solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran yaitu: a) Memberikan pendekatan khusus dan remedial bagi siswa yang lamban menerima materi dan memberikan materi lanjutan bagi siswa yang cepat paham. b) Memberikan motivasi atau dorongan. c) Bekerja sama dengan orang tua wali. d) Memanfaatkan media yang ada.
Downloads
References
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Kompetensi Guru.
Burhan Bungin, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Refika Aditama, 2014.
Dani Ronie M, Seni Mengajar dengan Hati, Palembang: ALTI Publishing House, 2009.
Dani Ronie M, Seni Mengajar dengan Hati, Palembang: ALTI Publishing House, 2009.
Dokumentasi , (RPP) Guru PAI Kelas VII , Kuripan, 23 Mei 2019
E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Hamdani, Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Mengajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Model Medan, Jurnal ANSIRU Nomor 1 Volume 1, Juni 2017.
Hamdani, Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Mengajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Model Medan, Jurnal ANSIRU Nomor 1 Volume 1, Juni 2017.
Hamzah, Profesi Kependidikan, Gorontalo: Bumi Aksara, 2007.
Lalu Mukhtar Hully, Profesi Keguruan, Mataram: Alam Tara Institute, 2012.
Lalu Mukhtar Hully, Profesi Keguruan, Mataram: Alam Tara Institute, 2012.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Lubna, “Peran Kompetensi Mengajar Guru dalam Memotivasi, Meningkatkan Prestasi Belajar Siawa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2008-2009”, Jurnal SOCIETY, Nomor 2, Desember 2009.
Maimun, Kiat Sukses Menjadi Guru Halal, Mataram: (LEPPIM) IAIN Mataram, 2015.
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Renika, 2004.
Observasi , Kuripan, 6 Maret 2019
Observasi ,Kuripan, 25 Mei 2019
Observasi, Kuripan, 23 Mei 2019
Observasi, Kuripan, 23 Mei2019
Observasi, Kuripan, 9 Maret 2019
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005
Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta 2009.
Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Guru dan Dosen, Fokusmia: 2011.
Wawancara, Abdul Waris, Wakil Kepala Sekolah, Kuripan, 25 Mei 2019
Wawancara, Diana Ayu Siswi Kelas VII, Kuripan, 20 Desember 2019
Wawancara, Lalu Rian Saputra, Siswa Kelas VII, Kuripan, 24 Mei 2019
Wawancara, Nurul Wahida, Siswi Kelas VII, Kuripan, 24 Mei 2019
Wawancara, Yuliatun Hasanah, Siswi kelas VII, Kuripan, 24 Mei 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education Research
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.