Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kuripan

Authors

  •   Wely Dozan  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.49
 

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Guru, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan yang setiap tahunnya berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman menuntut semua pihak terutama guru untuk meningkatkan kompetensinya. Karena guru merupakan komponen utama dalam sistem pendidikan Guru dalam proses belajar mengajar memiliki peranan yang sangat penting sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa.oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi dalam mengajar yang merupakan kecakapan atau keterampilan dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, kesulitan guru dalam pembelajaran dan solusi guru untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Kuripan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang mana data diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data bersifat induktif yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sudah cukup baik yang meliputi: a) Kemampuan memahami peserta didik. b) Kemampuan merancang pembelajaran. c) Kemampuan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis. d) Kemampuan melakukan evaluasi. e) Kemampuan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. 2) Kesulitan dalam pembelajaran yang meliputi: a) Kemampuan daya serap peserta didik yang berbeda-beda. b) Kurangnya minat belajar siswa. c) Kurangnya perhatian orang tua terhadap belajar anak. d) Kurangnya fasilitas yang tersedia di sekolah. 3) Solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran yaitu: a) Memberikan pendekatan khusus dan remedial bagi siswa yang lamban menerima materi dan memberikan materi lanjutan bagi siswa yang cepat paham. b) Memberikan motivasi atau dorongan. c) Bekerja sama dengan orang tua wali. d) Memanfaatkan media yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Kompetensi Guru.

Burhan Bungin, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Refika Aditama, 2014.

Dani Ronie M, Seni Mengajar dengan Hati, Palembang: ALTI Publishing House, 2009.

Dani Ronie M, Seni Mengajar dengan Hati, Palembang: ALTI Publishing House, 2009.

Dokumentasi , (RPP) Guru PAI Kelas VII , Kuripan, 23 Mei 2019

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Hamdani, Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Mengajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Model Medan, Jurnal ANSIRU Nomor 1 Volume 1, Juni 2017.

Hamdani, Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Mengajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Model Medan, Jurnal ANSIRU Nomor 1 Volume 1, Juni 2017.

Hamzah, Profesi Kependidikan, Gorontalo: Bumi Aksara, 2007.

Lalu Mukhtar Hully, Profesi Keguruan, Mataram: Alam Tara Institute, 2012.

Lalu Mukhtar Hully, Profesi Keguruan, Mataram: Alam Tara Institute, 2012.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Lubna, “Peran Kompetensi Mengajar Guru dalam Memotivasi, Meningkatkan Prestasi Belajar Siawa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2008-2009”, Jurnal SOCIETY, Nomor 2, Desember 2009.

Maimun, Kiat Sukses Menjadi Guru Halal, Mataram: (LEPPIM) IAIN Mataram, 2015.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Renika, 2004.

Observasi , Kuripan, 6 Maret 2019

Observasi ,Kuripan, 25 Mei 2019

Observasi, Kuripan, 23 Mei 2019

Observasi, Kuripan, 23 Mei2019

Observasi, Kuripan, 9 Maret 2019

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005

Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta 2009.

Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Guru dan Dosen, Fokusmia: 2011.

Wawancara, Abdul Waris, Wakil Kepala Sekolah, Kuripan, 25 Mei 2019

Wawancara, Diana Ayu Siswi Kelas VII, Kuripan, 20 Desember 2019

Wawancara, Lalu Rian Saputra, Siswa Kelas VII, Kuripan, 24 Mei 2019

Wawancara, Nurul Wahida, Siswi Kelas VII, Kuripan, 24 Mei 2019

Wawancara, Yuliatun Hasanah, Siswi kelas VII, Kuripan, 24 Mei 2019

Downloads

Published

31-12-2020

How to Cite

Dozan, Wely. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Kuripan”. Journal of Islamic Education Research 1, no. 3 (December 31, 2020): 252–267. Accessed December 19, 2024. https://jier.uinkhas.ac.id/index.php/jier/article/view/49.

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.