Analisis Pemikiran Pendidikan Menurut Ibnu Sina dan Kontribusinya Bagi Pendidikan Islam di Era Modern
DOI:
https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.39Keywords:
Analisis Pemikiran Pendidikan, Ibnu Sina, Pendidikan Islam, Era ModernAbstract
Pemikiran tokoh pendidikan klasik masih layak untuk dibahas karena terkadang melampaui zamannya dan dalam beberapa hal dianggap cocok dengan konteks pendidikan masa kini. Salah satu tokoh yang dimaksud adalah Ibnu Sina. Ibnu Sina (Avicenna) adalah seorang filsuf Islam ternama di bidang ilmu kedokteran, namun banyak pemikirannya juga membahas tentang pendidikan dan dianggap berkontribusi pada perkembangan pemikiran pendidikan modern. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemikiran pendidikan Ibnu Sina dan kontribusinya pada pendidikan Islam di masa modern. Dihimpun dari berbagai sumber referensi yang diperoleh, konsep pendidikan Ibnu Sina antara lain membahas tentang tujuan pendidikan Islam, kurikulum pada satuan pendidikan tingkat pertama, bagaimana menjadi pendidik, bekal menjadi peserta didik dan lingkungan belajar. Pokok-pokok pemikiran tersebut dapat menjadi landasan bagi pengembangan pendidikan masa kini terutama sebagai landasan filosofis dalam merancang sistem pendidikan yang baik namun tetap adaptif.
Downloads
References
Al-Ahwani, Ahmad Fuad Filsafat Islam, cet. VIII. (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997)
Al-Abrasy, Muhammad ‘Athiyah. Pokok-Pokok Pikiran Ibnu Sina tentang Pendidikan. (Isa al-Babi wa syirkah, 1994)
Alwizar, “Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina: an-Nida’.” Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 40, No.1 Januari-Juni 2015.
Asf, Jasmani Syaiful Mustofa. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)
Assegaf, Abdurrahman. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam Hadhradh Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern. (Jakarta: Raja Grafindo, 2013)
Aziz, Safrudin, Pemikiran Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Kalimedia, 2015)
Darwis, Maidar. “Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Ibnu Sina,” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Vol. XIII, No. 2, Februari 2013
Kurniawan, Syamsul & Erwin Mahrus. Jejak Pemikiran Tokoh Islam. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011)
Machali, Imam dan Ara Hidayat. The Hand Book of Education Management: Teori dan Praktik Pengeelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. (Jakarta: Prenamedia Group, 2016)
Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. (Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018)
Muhammad Nasher, al-Fikr al-Tarbawi al-‘Arabi al-Islami: al-juz’u al-Tsani min Qira’at fi al-Fikr al-Tarbawi (Kuwait:Wukalah al-Mathba’at, 1977)
Nata, Abuddin. Sejarah Pendidika Islam. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004)
Suwito dan Fauzan. Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan. (Bandung: Angkasa, 2003)
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education Research
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.