Formulasi Mutu Kurikulum Madrasah Unggulan Berbasis Pesantren di Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.69Keywords:
Formulasi, Mutu, Kurikulum, MadrasahAbstract
Pentingnya reposisi pesantren dalam merespon perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat, maka mau tidak mau pesantren harus mampu mengambil peran dan melakukan gerakan konstruktif dengan memformulasi sistem pendidikan pesantren dengan menyelenggarakan lembaga formal yang bermutu, salah satunya dengan mengadopsi filosofi dan pendekatan manajemen peningkatan mutu dengan tidak mengadopsi keseluruhan filosofinya yang mengutamakan kepentingan bisnis, yang pada umumnya banyak diterapkan di perusahaan yang mengejar keuntungan provit dari pada proses pemberdayaan moral, intelektual dan spiritual sehingga memiliki kematangan mental kepribadian. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pemetaan kebutuhan kurikulum, formulasi kurikulum serta kebijakan operasionalisasi kurikulum di Madrasah Unggulan Berbasis Pesantren yaitu di MTs Unggulan Al Qodiri 1 Jember dan MTs Unggulan Nurul Islam 1 Jember. Sedangkan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitiannya ialah Madrasah unggulan berbasis pesantren memetakan kurikulum berdasarkan visi misi pesantren dan madrasah itu sendiri, lalu memformulasi kurikulum dengan beberapa program kerja serta mengkomunikasikan setiap kebijakan kurikulum dengan pimpinan yayasan pesantren.
Downloads
References
Azra, Azyumardi. Konteks Berteologi Di Indonesia, Pengalaman Islam. Jakarta: Paramadina, 1999.
Edward, Sallis. Total Quality Management In Education. Edited by AHmad Ali Riyadi. Jogjakarta: IRCiSoD, 2008.
Fachruddin, Fuad. “Madrasah Model: Indikator Obyektif Dan Operasionalnya.” Jurnal Madrasah 3 (1998): 80.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Marno. Islam: By Management and Leadership. Jakarta: Lintas Pustaka, 2007.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldafia. Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook. USA: Sage Publication Inc, 2014.
Moedjiarto. Sekolah Unggul. Surabaya: Duta Graha Pustaka, 2002.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Sanjaya, Wina. Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkatan Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
SK Kakanwil Yogyakarta. “Lampiran Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta No. 609B Tahun 2012 Tentang Rintisan Madrasah Unggulan, Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Ratusan Madrasah Unggulan,” 2012.
Subhan, Fa’uti. Membangun Sekolah Unggulan Dalam Sistem Pesantren. Surabaya: Alpha, 2006.
Sukardjo, M, and Ukim Kamaraduddin. Landasan Kependidikan, Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Suwendi. Sejarah Dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2004.
Zayadi, Ahmad. Desain Pengembangan Madrasah. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Pendidikan Islam Depag, 2005.
Mutiara Di Tengah Samudra; Biografi KH. Ach. Muzakki SYah. Dokumen, 2007.
“Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan,” 2005.
“Wawancara Bersama Waka Kesiswaan MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, Tanggal 6 Desember,” 2018.
“Wawancara Bersama Waka Kurikulum MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, Tanggal 1 November,” 2018.
“Wawancara Bersama Waka Kurikulum MTs Unggulan Nurul Islam 1 Jember, Tanggal 31 Oktober,” 2018.
“Wawancara Bersama Wakil Kepala MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, Tanggal 1 November,” 2018.
“Wawancara Bersama Wakil Kepala MTs Unggulan Nurul Islam 1 Jember, Tanggal 31 Oktober,” 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education Research
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.