Analisis Mutu Input Proses Output di Lembaga Pendidikan Islam MTs Assalam Kota Mataram Nusa Tenggara Barat
DOI:
https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.65Keywords:
Analisis Mutu, Input, Proses, Output,, Lembaga Pendidikan IslamAbstract
Lembaga Pendidikan MTs Assalam Kota Mataram NTB termasuk lembaga pendidikan yang tergolong baru karena resmi menjadi lembaga pendidikan secara resmi pada tahun 2019, namun siswa dan siswanya di sana sudah menunjukkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk belajar. Mereka juga aktif dalam beberapa kegiatan ekstra seperti tahfidz, OSIS, Pramuka, silat, dan pengajian, kebijakan yang diterapkan adalah mewajibkan semua siswa dan siswa untuk tinggal di dalam gubuk serta gratis biaya makan dan tempat tinggal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam kualitas (input, proses, dan output) yang ada di lembaga pendidikan MTs Assalam Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem proses pembinaan mutu santri yang ada dengan diwajibkan tinggal di pesantren, mengikuti aturan pesantren, bekerjasama dengan lembaga pendidikan, masyarakat, mengadakan pengajian untuk masyarakat, selalu berkoordinasi dengan santri, wali, dan membangun jaringan dengan pemerintahan.
Downloads
References
Akhiruddin, KM. “Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara” 1, no. 1 (2015): 25.
Albi Anggito & Johan Setiawan. Metode Penelitian Kualitatif. Vol. 1. 1 vol. Jln. Bojong ganteng Nomer 18, Kec.. Bojong ganteng, Kab. Sukabumu, Jawa Barat 43353: CV Jejak, 2018.
Artha, I G K, N Dantes, dan M Candiasa. “Determinasi Komponen Konteks, Input, Proses, Dan Produk Pelaksanaan Program Sekolah Standar Nasional (SSN) Terhadap Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran Para Guru Di Smp Negeri 2 Kuta,” 2013, 12.
Aziz, Thorik. “Manajemen Input, Proses, Dan Output Paud Berbasis Alam(Studi Analisis Di Tk Jogja Green School Yogyakarta),” t.t., 9.
Bent Flyvbjerg. “Lima Kesalahpahaman Tentang Penelitian Studi Kasus,” Vol. 12, 2006.
Budiutomo, Triwahyu. “Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penilaian Proses Belajar Mengajar” 6, no. 1 (2015): 13.
Ekosiswoyo, Rasdi. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan,” t.t., 7.
Hidayat, Rahmat. “Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Di Kota Medan.” Jurnal Isema?: Islamic Educational Management 1, no. 1 (23 Juni 2019). https://doi.org/10.15575/isema.v1i1.4982.
Indrioko, Erwin. “Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Derasnya Perubahan,” t.t., 16.
Kusnan, Kusnan. “Analisis Outcome Pendidikan: Kontribusi Lulusan Program Studi PAI Pada Madrasah dan Sekolah Menengah di Kota Manado.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 9, no. 1 (26 Februari 2018). https://doi.org/10.30984/jii.v9i1.600.
Maamarah, Siti, dan Supramono Supramono. “Strategi Peningkatan Mutu Dan Citra (Image)Sekolah Dasar Negeri Di Ungaran, Semarang.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (10 Juni 2016): 115. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p115-130.
Sirojudin, Akhmad. “Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 2 (27 September 2019): 204–19. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.162.
Syaefudin, Syaefudin. “Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (Mmt) Pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MI Unggulan Ash-Siddiqiyyah 3 Purworejo).” Jurnal Pendidikan Agama Islam 15, no. 2 (30 Desember 2018): 150–68. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.152-09.
Winarsih, Sri. “Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Cendekia: Journal of Education and Society 15, no. 2 (24 Juni 2017): 51. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.1005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education Research
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.