Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Islam Multikultural Di Smp Negeri 2 Mlandingan Situbondo Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.45Keywords:
Strategi Guru PAI, Pendidikan Islam MultikulturalAbstract
Penelitian ini membahas tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan pendidikan Islam multikultural di SMP Negeri 2 Mlandingan Situbondo Jawa timur, serta faktor pendukung dan penghabatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis deskriptif, validitas data menggunakan triangulasi sumber, serta pengecekan anggota dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, perencanaan strategis, perencanaan program dan perencanaan kegiatan pembelajaran memuat aspek pendidikan Islam multikultural, terutama pada mata pelajaran PAI; Kedua, aspek implementasi, pemahaman pendidikan Islam multikultural dilakukan dengan berbagai cara dan kegiatan, seperti pembacaan Qur’an yang mengandung nilai pendidikan Islam Multikultural, peringatan hari besar keagamaan, serta pembiasaan sholat berjema’ah, berjabat tangan, berdoa sebelum memulai pelajaran; ketiga, evaluasi dilaksanakan pada aspek Pembelajaran dan praktek nilai multikultural. Faktor pendukung dan penghambat meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, siswa, fasilitas, waktu dan guru.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Al Habsyi, Abdullah. 2004. Hak-hak Sipil dalam Islam, Tinjauan Kritis Tekstual dan Kontekstual Atas Tradisi Ahlul Bait. Jakarta : Al Huda
Baidhawy, Zakiyuddin. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
H.A.R Tilaar,.2004. Multikulturalisme, tantangan tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional.Jakarta : Grasindo.
http://hubbalhaqqoh.blogspot.com/2014/05/faktor-faktordalamstrategi.html
http://digilib.unila.ac.id/8324/15/BAB%202.pdf
Ibrahim, Abd. Al Latif. 1999. Tasamula Al-Ghorb Maa Al Muslimin Fi Al Asr Al Hadist, Riyad dari Ibnu Al Jawzi
Mas?ud,Abdurrahhman.2004. Format Baru Pola Pendidikan Keagamaan para Masyarakat Multikultural dalam Perspektif Sisdiknas,dalam Mu’tamar Ramadhan dan Hesti Herdinah( eds) Antologi Studi Agama dan Pendidikan. Semarang : Aneka Ilmu
Naim, Ngainun dan Ahmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multi Kultural Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Nuryatno, M. Agus. 2008. Madzhab Pendidikan Kritis Menyingkap Relasi Pengetahuan, Politik, dan Kekuasaan. Yogyakarta : Resist Book
Pulungan, J. Suyuthi. 1996. Prinsip-prinsip Pemerintahan dalam Piagam Madinah Ditinjau dari Pandangan Al Quran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Fajar Interpranata Offset, 2006)
Suryana, Ermis Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah, Palembang: Noer Fikri, 2013
Wassid, Iskandar dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2013)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education Research
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.